Belajar Python - Perulangan/Loops For



Ini dia loops kesayangan kita dalam programming, jangan pernah lakukan hardcoding kalau bisa diselesaikan dengan perulangan For.
For bertugas melakukan perintah/eksekusi secara berulang-ulang dengan kondisi awal dan batas yang terserah kita sebagai programmer :)

Mungkin pernah lihat ataupun dengar ada seorang siswa sekolah dasar yang sedang dihukum oleh wali kelasnya, dia disuruh menulis  kalimat "Saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi" di papan tulis sampai penuh. Jika saja papan tulis itu layar komputer dan si anak adalah seorang programmer, perulangan For adalah langkah yang tepat bagi si anak.

Sintaks:
for i in range(1,11):
   print "Saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi"
selesailah sudah kasus itu, secara ajaib program mencetak kalimat itu sebanyak sesuai kondisi. Itulah For loops, kita bisa berkreasi dengan cara ini.

ada beberapa bentuk penggunaan For loops, seperti sintaks di atas, variabel i berperan sebagai counter, yang artinya variabel i berjalan dari indeks 0 sampai indeks akhir dalam sebuah array, sekaligus variabel i memiliki nilai yang dimiliki indeks yang sedang digunakan.

contoh:
for i in range(1,16):
    print "i sekarang bernilai = ",i
dari contoh diatas kita bisa mengetahui nilai i yang sedang digunakan dengan cara mencetak nilai variabel i tersebut.

contoh lain kita memiliki list array of string yang berisi ['Python','Ruby','PHP','C++','Pascal','Java','Delphi'], jika kita ingin mencetak nilai-nilai dalam array tersebut gunakan For loops juga.

sintaks:
for i in ['Python','Ruby','PHP','C++','Pascal','Java','Delphi']:
    print i
mencetak array of string saja bisa apalagi mencetak char dalam string.

sintaks: 
for i in "abcdefghijklmnopqrstuvwxyz":
    print i,
print ""

For your Information:
Saat kita melakukan print "Isi Apa saja" otomatis kita mencetak di baris baru kebawah, tapi jika kita tambahkan koma dibelakang sesuatu yang akan di print seperti ' print i, ' maka kita akan melanjutkan print ke kanan tanpa melakukan pergantian baris.


Siap dengan Nested For? ternyata bukan hanya sintaks If saja yang bisa nested, For juga bisa.
contoh kita akan membuat sebuah persegi panjang 10x5 dari '*'.

sintaks:
for i in range(0,5):
    for j in range (0, 10):
        print '*',
    print ""

Mudah kan ??

------------------------- \\ // --------------------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar