Pengenalan Algoritma




Sumber : Wikipedia.id
Istilah Algoritma berasal dari nama seorang pengarang berkebangsaan Arab bernama Abu Ja’far Mohammed ibn Musa Al-Khowarizmi (tahun 790 – 840), yang sangat terkenal sebagai ‘Bapak Aljabar’.

Apakah yang dimaksud Algoritma, Algoritma berarti solusi. Ketika orang berbicara mengenai algoritma di bidang pemrograman, maka yang dimaksud adalah solusi dari suatu masalah yang harus dipecahkan dengan menggunakan komputer. Algoritma harus dibuat secara runut agar komputer mengerti dan mampu mengeksekusinya. Analisis kasus sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang harus diselesaikan. Ketajaman dalam menganalisis sebuah kasus dapat dilatih dengan berlatih menyelesaikan kasus-kasus algoritma, mulai dari yang paling sederhana sampai rumit. Kesabaran sangat dibutuhkan dalam mempelajari algoritma.




Algoritma harus dipikirkan secara logika di pikiran manusia dengan pemikiran yang lebih mudah dimengerti (menggunakan gambaran-gambaran tertentu di dala pikiran) agar dapat lebih mudah dimengerti oleh manusia dan dapat dengan mudah dipetakan (diubah) menjadi bahasa pemrograman untuk dieksekusi oleh komputer. Algoritma harus dibuat dengan pemikiran yang detail dari proses-proses yang ada di logika kita.

Sebagai contoh sederhana, kamu diminta untuk menghitung keliling persegi panjang dengan menggunakan komputer. Pada masalah ini, Kamu bisa menentukan keluaran berupa keliling dan masukan berupa panjang dan lebar. Setelah itu, anda harus menentukan bagaimana keliling persegi panjang dihitung berdasarkan data panjang dan lebar. Dengan logika sederhana, Kamu bisa menghitung keliling persegi panjang dengan menuangkan algoritma berikut.

        1.      Peroleh nilai panjang dan lebar persegi panjang.
        2.      Hitung keliling persegi panjang dengan menggunakan rumus 2x (panjang + lebar).
        3.      Tampilkan nilai keliling persegi panjang.

Sumber:
Kadir, A. (2012). Algoritma & Pemrograman menggunakan C & C++. Yogyakarta: Andi
Sukamto, R. A (2010). Modul Pembelajaran Algoritma dan Pemrograman . Bandung: Modula-Bandung
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar